Rabu, 13 Juni 2012

Sholat Berjama'ah Itu Lebih Baik

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat berjama'ah dan tepat pada waktunya itu sangat baik dan lebih baik dari pada sholat sendirian. Selain pahalanya yang di tinggikan juga memiliki banyak keutamaan yang tidak akan kita dapatkan dari sholat sendirian. Beberapa waktu lalu saya membaca tentang keuntungan sholat berjamaah ini sewaktu berkunjung di kos teman, dari pada cuma di baca lebih baik di posting hehe :)

Keutamaan Sholat Berjama'ah itu antara lain :

1. Orang yang shalat berjama’ah mendapatkan pahala lebih dari orang yang shalat sendiri sebanyak 27 derajat.
Rasulullah bersabda:

۩ صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذَّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً ۩


” shalat berjama’ah , lebih utama dari shalat seorang diri sebanyak 27 derajat”

2. Langkah Langkahnya Berpahala.

Rasulullah bersabda:

۩ مَنْ تَطَهَّرَ فِيْ بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَ إِلىَ بَيْتٍ مِنْ بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ , لِيَقْضَِ فَرِيْضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللهِ كاَنَتْ خُطُوَاتُهُ : إِحْدَاهُما تَحُطُّ خَطِيْئَةً , والاُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً ۩

” Siapa yang bersuci kemudian barjalan menuju rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu ketentuan Allah (shalat fardu), maka langkah-langkahnya, salah satunya menghapus dosa dan lainnya mengangkat derajat.” (HR Muslim)
 
3. Shalat berjema’ah semakin melindungi seseorang dari setan.

Rosulullah bersabda:

۩ ماَ مِنْ ثَلاََ ثٍ فيِ قََرْيَةٍ وَلا بَدْوٍ لاَ تُقاَمُ فِيْهِمْ الصَّلاَةُ ,إلاً قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ , فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ ,فإِنَّماَ يأْكُلُ الذَّئْبُ مِنَ الْقاَصِيَةِ ۩

“jika dalam satu kampong atau dusun tidak dilakukan padanya shalat (berjama’ah) paling tidak oleh tiga orang, maka mereka akan di kuasai setan, karena serigala hanya akan memangsa domba yang menyendiri.” (HR Abu daud)

4. Allah Ta’ala mengagumi shalat yang dilakukan secara berjama’ah.

Rasulullah bersabda:

۩ إنَّ اللهَ لَيَعْجَبُ مِنَ الصَّلاَةِ فِيْ الجَمِيْعِ ۩

” sesungguhnya Allah mengaagumi shalat yang dilakukan berjama’ah.”(HR Ahmad)
 
5. Orang yang sedang menunggu shalat berjama’ah baik sebelum atau sesudahnya, maka dia dianggap sedang shalat, dan selalu di doakan malaikat.

Rasulullah bersabda:

۩ لاَيَزَالُ الْعَبْدُ فِيْ صَلاَةٍ ماَكاَنَ فِيْ مُصَلاَّهُ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ, وَتَقُوْلٌ المَلاَئِكَةُ : الَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ , حَتَّ يَنْصَرِفَ أَوْ يَحْدُثََ ۩

“seseorang selalu berada dalam shalat selama dia masih di tempat shalatnya untuk menunggu shalat . malaikat akan mendoakannya : ya Allah, ampunilah dia, kasihinilah dia,. Hingga orang itu bangkit dari tempat itu, atau hingga dia berhadats.” (Muttafaq alaih)
 
6. Bebas dari api neraka dan sifat munafik bagi orang yang shalat berjama’ah bersama imam sejak awal selama 40 hari.

Rasulullah bersabda

۩ مَنْ صَلِّى لِلَّهِ اَرْبَعِيْنَ يَوْماً فِيْ جَماَعَة ٍيُدْرِكُ اَلتَّكْبِيْرةَ اْلأُوْلىَ كُتِبَ لَهُ بَرَاءَتاَنِ : بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارْ , وَبَرَاءَةٌ مِنَالنَّفَاقٍ ۩

“Siapa yang shalat karena Allah selama hari dengan berjama’ah seraya mendapatkan takbir pertama (takbirotul ihramnya imam), maka dicatat baginya dua kebebasan ; kebebasan dari apai neraka ,dan kebebasan dari sifat munafik.” (HR.tirmizi)
 
7.Siapa yang shalat shubuh berjama’ah maka pada hari itu dia berada dalam jaminan dan keamanan Allah hingga petang.

Rasulullah bersabda :

۩ مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِيْ ذِمَّةِ اللهِ ۩

” Siapa yang shalat shubuh berjama’ah maka pada hari itu dia berada dalam jaminan Allah….”(HR muslim)

8. Dihitung sebagai shalat malam bagi orang yang shalat isya’ dan shubuh berjama’ah.

Rasulullah bersabda:

۩ مَنْ صَلَّى الْعِشَاءِ فيْ جَماَعَةٍ فَكَأَنَّمَا قامَ نِصْفَ الَّليْلِ , وَمَنْ صَلَّى الصُبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللّيْلَ كُلَّهُ ۩

“Siapa yang shalat isya’ berjama’ah seakan-akan dia shalat malam sebanyak setengah malam, dan siapa yang shalat shubuh berjama’ah , maka dia seakan-akan shalat malam selama semalam penuh,” (HR.abu daud)

Begitu banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan Sholat berjama'ah, namun kadang kita selalu mengabaikan hal-hal yang seperti ini apakah itu karena terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari, pekerjaan dan memang kadang karena malas. Astagfirullah semoga Allah memaafkan kita dan memberi petunjuk untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga posting ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. :)

Posting ini dari : Makhroza Mustaqim

12 komentar:

muarra mengatakan...

bener bro bagus bgt artikelx, lengkap dgan dalilnya,,, tp ada yg masih jadi pertnyaan ane,, klw sholat berjamaah dpat 27 drajat, org masbug dapat berpa drajat ya...?

Thanjawa Arif mengatakan...

alangkah beruntung orang yang mampu megistikomahkan sholat berjama'ah ya sob

Syaifullah Arifin mengatakan...

Arif : Iya sob,, beruntung bgt cma kadang klau kta kerja susah nyempatin wktu buat berjama'ah..

Namun klau gak jamaah di mesjid kta masih bsa jamaah dg anak istri di rumah atau siapa saja yg sma² sdg ingin sholat dg kita :)

Muarra : Makasih supportx sob.. Saya sih kurang paham jga klau tentang itux sob,, cba tnya kn ke org yg lbh paham /Ulama/ Ustadz/Garim mesjid disekitar tmpat tingga km sob..

muarra mengatakan...

oke sob ane mmang pngen tanya hal itu, ya ane berfikirx bhwa ente adalah Ulama/Ustadz dan sbagainya yg pham hal itu krna postingan yg bagus diatas,, thanks sob,,,

Explore IPTEK mengatakan...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Subhanallah, Syukron jazakallah khoiron katsiron, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang sholat berjamaah, salam ukhuwah wahai sauadaraku. o iya follow sukses

Rohis Facebook mengatakan...

salam ukhuwah ya sob.., btw folbex ya.., terima kasih *smile

Syaifullah Arifin mengatakan...

Muarra : Hehe.. saya hanya orang biasa sob, yg hanya mencoba utk menyampaikan kembali ilmu yg saya dapatkan.. :) Agar lebih banyak yg tahu dan lebih berkah utk kita.. :)

Explore : Waalaikumsalam, Terimakasih sobat sudah berkunjung dan mau membaca postingan saya.. :) Semoga lebih banyak ilmu yg bisa kita dapatkan nantinya..

Rohis : Yep.. salam juga..

edho-photowork mengatakan...

bnr bgt ntu sob, lebih baik kita berjamaah dari pada solat sendiri2...

Nyayu Amibae mengatakan...

great!! sholat berjamaah itu lebih baik dari pada sholat sendiri,, btw pa kbr dik Iif? sudah lama tak berkunjung ke sini,,, :)

Zacky Hardi mengatakan...

Sangat bagus infonya bro,slam knal dan smoga sehat selalu.
Jngan lupa kunjungan balik ke Misteri Google

Syaifullah Arifin mengatakan...

EDHO : Yep.. lbh barokah :)

Kak Ami : mksh kak udh mampir lagi.. ntar di kunjungi balik yah..

Zacky : Makasih sob.. oke aku visit ntar :)

anggi pradiska abadi mengatakan...

mantabs mas bro, semoga kita selalu bisa melaksanakan shalat jamaah disetiap waktu,amin

Posting Komentar

Barangkali ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah sini!

Tentang Penulis

Foto saya

Hamba Allah SWT | Bukan Perokok | Kalau suka ikuti, kalau nggak ya tinggalin | Ada masalah?