Minggu, 17 April 2011

Sedekah Mu Menentukan Rezeki Mu

Salam sahabat semuanya...

Pada tulisan kali ini saya ambil tema yang mungkin berbeda dari biasanya yakni tentang agama. Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya dalam bersedekah dimana saya melihat bahwa tingkatan sedekah kita bisa menetukan rezeki yang akan kita dapatkan. Saya bukanlah orang yang paham dan dalam ilmunya di bidang agama tapi InsyaAllah saya paham, maka dari itu sebelum saya menulis lebih lanjut saya minta maaf jika ada kesalahan nantinya dan mohon diluruskan agar saya belajar.

Kebiasaan dari kecil yang di ajarkan buya pada saya setiap sholat jum'at ke mesjid yakni berinfaq telah menjadi kegiatan rutin saya setiap jum'atnya sampai sekarang (jangan anggap ini pamer/sombong ya). Sewaktu sekolah dulupun saya juga sering menyisakan uang untuk infaq di mesjid ketika pergi jum'atan, berapapun jumlahnya tidak penting yang penting saya infaq. Pada suatu hari sedang menghitung pendapatan bulanan saya dikejutkan oleh uang yang saya dapatkan, hampir semua uang itu dalam hitungan/tukaran Rp.5000,- dan ketika saya tanya ibu katanya tidak pernah menukarkan uang ku dan mengambilnya saya heran namun menganggapnya biasa saja.


Pada minggu berikutnya ketika saya sedang menghitung lagi saya terkejut lagi dan lebih heran karena hampir semua uangnya dalam hitungan/tukaran Rp.2000,- lalu saya coba fikir dan ingat-ingat apa yang sudah saya lakukan sehingga seperti ini. Ehh... ternyata karena pada hari jum'atnya saya berinfaq Rp.2000,- dan minggu sebelumnya saya berinfaq Rp.5000,-. SubhanAllah... saya langsung terkejut melihat kejadian ini dan belum yakin benar dan pada jum'at depan saya coba lagi infaq Rp.5000,- dan alhamdulillah uang yang saya terimapun hampir uang tukaran Rp.5000,- semuanya. Ketika saya coba tak berinfaq terbukti memang pendapatan saya berkurang 40%. SubhanAllah, Alhamdulillah, Laila hailallah, Allah huakbar.

Awalnya saya masih ragu apakah ini nyata atau hanya kebetulan, tapi seperti yang kita tahu bahwa tidak ada yang datang dengan secara tiba-tiba di muka bumi ini melainkan telah diatur oleh-Nya termasuk hal yang kecil sekalipun. Kalau kita beranggapan pada sesuatu bahwa datangnya dengan tiba-tiba berarti kita telah menganggap Allah tidur, sedang Allah tidak pernah tidur. Dan setelah saya teliti lagi ternyata memang benar itu pengaruh dari infaq yang selalu saya berikan pada hari jum'at. Namun kita harus mengingat bahwa infaq yang diterima-Nya adalah infaq yang ikhlas dan halal bukan karena ingin dapat balasan.

Di dalam rezeki yang kita miliki ada sebagian rezeki orang lain dan kita sebaiknya membagikan rezeki itu kepada yang berhak menerimanya. Misalnya dengan berinfaq atau sedekah dan membagi-bagikan sembako kepada fakir dan miskin. Sesungguhnya sedekah itu sangat besar manfaatnya dan Allah akan menaikkan derajat orang-orang yang suka bersedekah. Sedekah juga menjauhkan kita dari penyakit hati dan penyakit luar lainnya, Mendekatkan kita dengan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita, memperkuat rasa keimanan kita dan menambah rezeki kita.
Saya ingin mengajak agar teman-teman juga sering bersedekah walau hanya sedikit dan semampu kita. Karena sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan Allah akan membalasnya dan sekecil apapun kejahatan yang kita lakukan Allah akan membalasnya. Kalau teman-teman punya masalah dalam penghasilannya maka sering-seringlah berinfaq agar penghasilannya di lebihkan namun ingat harus ikhlas bukan karena ingin mendapatkan penghasilan yang setimpal dengan infaq kita dan awalilah dengan membaca basmallah sebelum menyerahkan infaq itu dan akhiri dengan hamdallah InsyaAllah akan ada balasan-Nya.

Sesunggunya berbagi itu indah, berbagi berarti menambah pengetahuan kita juga menambah rezeki kita dan orang yang suka berbagi di sayang Allah.

16 komentar:

Dunia Ibadah mengatakan...

Assalamu'alaikum

Subhanallah artikel yang bermanfaat tentang sedekah, dan sedekah itu jelas banyak sekali hikmahnya jika kita kaji lebih dalam, info yang bagus, salam ukhuwah ya.

Nadia Meutuah mengatakan...

postingan yang bagus Aif...
setuju banget, semoga banyak orang yang semakin giat bersedekah ya If..

Syaifullah Arifin mengatakan...

to Dunia Ibadah : Wa'alikumsalam ...

Terima kasih sahabat ku sudah membaca dan berkomentar.. benar bgt sob sedekah itu sangat banyak manfaatnya bila di kaji lebih dalam...

semoga kita termasuk org-org yg dermawan..

salam Blogger dan KBw ..

to Nadia : Makasih Nadia,, amiinnn.. semoga saja ya agar fakir dan miskin dapat terbantu di Negara ini Nad..

MARIOKOM mengatakan...

mantap sob.. postingannya, bersedekah memang terasa manfaatnya...
bersedekah tidak membuat kita miskin............

Hilmy Nugraha mengatakan...

kereeen.

Syaifullah Arifin mengatakan...

to Mariokom : Terimakasih sobat ku,, setuju sob,, sedekah itu memang banyak manfaatnya...
malah kita bakal jauh dri miskin kalau kita suka bersedekah..

to Hilmy : Terimakasih sobat ku...

Rio Saputra mengatakan...

Semoga kebaikan yang telah dilakukan oleh iful dapat senantiasa kita ikuti..
hanya dengan demikianlah kita mendapatkan amal yang tiada putus-putus dengan menyebarkan tulisan yang bermanfaat.

terimkasih sob, TUlisannya sangat mencerahkan dan menambah keyakinanku bahwa Allah Maha Kaya dan akan memberikan Rezeki kepada orag- orang yang tidak pernah takut miskin karena memberi sesuatu di Jalan-Nya

Qoqo mengatakan...

Aku suka banget if artikel mu ini
memang fakta ,kalau sedekah itu menentukan rezeky yang bakalan kita dapat, mskipun brapapun itu ...
sukses slalu sobat, makasih pelajaranya ini. .
hehe. ..

Faril mengatakan...

ternyata balasan infaq itu beneran terjadi di kehidupan ini..pasti balasannya lebih besar ya??!!

meski nggak dibales dengan rezeki berupa uang, yg penting di bales dengan rezeki lain seperti sehat, masih bisa belajar, dan kesucian di tengah masyarakat..
kalo pun nggak dibales di dunia ini, semoga di bales di akhirat nanti..

smoga makin banyak mengamalkan rezeki kita, bukan hanya rezeki yg berbentuk uang..

Syaifullah Arifin mengatakan...

to Rio : Wah.. makasih bgt nih sob ats komentarnya yg luar biasa.. kamu benar sob, hnya dgn cara seperti ini kita bsa ttp semangat dan senang menjalani hidup karena berbagi itu indah sob..

Semoga ilmu kita di tambahkan ya sob.. dan semoga kita termasuk kepada org-org yg bahagia atas rezekinya..

to Qoqo : Makasih Qoqo sobat ku,, benar bgt sob dan sedekah itu blsnya bukan hanya dgn uang tpi dlm bentuk kesehatan, kekuatan, ketabahan dan masih bnyk sob..

makanya jgn pernah kikir utk berinfaq.. hehe

to Faril : Benar bgt sob.. itu memang sudah pasti dan di agama mn pu itu mgkn di ajarkan...
Kerna berbagi itu sangat mulia dan indah sob..

Meskipun balasannya bkn dgn sesuatu yg kita sedekahkan namun akan di bls dgn sesuatu yg lebih besar dan di akhirat nanti jga akan di beri blsan yg besar...

thank's ya semuanya atas komntar dan saran serta pencerahanya ..

salam blogger dan KBw ^_^

Ladida Cafe mengatakan...

wah, makasih atas sharingnya sob, tentunya kita harus ikhlas jika bersedekah, jgn mengharap2, betul kan?

Faril mengatakan...

smoga kita semua jadi orang yang senang berbagi,,tapi tidak hanya berbai material aja..
berbagi dalam semua hal..terutama ilmu yang bermanfaat karena pahalanya terus mengalir meski kita udah meninggal..

salam berbagi...

r0Lan_disini mengatakan...

nice posting sob ... like this .. :)

Syaifullah Arifin mengatakan...

Mokasih bang Rolan :)

aYo Share mengatakan...

dengan sedekah insya Allah dimudahkan rejeki kita... amien... artikel yg bagus bozz... :)

Syaifullah Arifin mengatakan...

Ayo Share : Amiiinn... thank's sobat ku :)

Posting Komentar

Barangkali ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah sini!

Tentang Penulis

Foto saya

Hamba Allah SWT | Bukan Perokok | Kalau suka ikuti, kalau nggak ya tinggalin | Ada masalah?