Jumat, 08 Oktober 2010

Cara mengganti favicon di Blog

Sebagai pemula dalam nge'blog tentunya kita pengen punya blog yang cantik dan menarik dan sering kali tak di sadari bahwa yang kita buat di blog itu bisa membuat blog kita susah untuk di akses ... Contohnya Logo atau favicon, favicon adalah sebuah icon/gambar kecil yang ada pada address bar dari sebuah web/blog. Hampir setiap web/blog memiliki favicon karena selain mempercantik juga memberikan lambang atau ciri khas dari web/blog tsb ... Seperti yang anda lihat pada address blog saya yang huruf "S" itu adalah lambang blog saya ... Kamu juga dapat membuatnya. Berikut caranya :
  • Pertama kamu buat dulu favicon sesuai keinginan mu dengan Adobe Photoshop, atau ambil gambar dari mBah google ... hee heee !! Tapi gambarnya jangan terlalu besar ukurannya cuma 0.42 x 0.42 cm sampe 0.71 x 0.71 cm. Kalau yang saya pake tu 0.71 cm.
  • Jadikan format gambar tadi GIF biar ukurannya kecil dikit... JPG juga boleh kok...
  • Trus upload ke salah satu situs kaya' Photobucket.com, tapi kamu musti punya akun di situs itu biar bisa nge'upload 'n mengcopy urlnya.
  • Masuk ke dasbord >> menu Layout (tata letak) >> Edit HTML, lalu cari code ini </title> dan <b:skin><![CDATA[/* gunakan Ctrl+f untuk memudahkan pencarian.
  • Lalu copy lagi code ini href='http://i853.photobucket.com/albums/ab100/tipsyournet/logokotaknew1.gif' rel='icon' type='image/gif'/> di antara code di atas ganti tulisan warna merah dengan url favicon anda.
  • Save template dan lihat hasilnya... Jika belum berhasil coba ulangi lagi mungkin ada yang lupa...
Nahh ..... Mudahkan caranya, sekarang web/blog kamu lebih cantik dengan favicon.
selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Barangkali ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah sini!